Sejarah Dunia Baru

Cerita corona, di coretnya indonesia bersama 24 negara oleh amerika dengan status bukan negara berkembang lagi dan pemilihan presiden amerika di bahas dalam satu waktu apa mungkin?

Kita coba ya. Kita mulai dengan pertanyaan, apa bedanya “great power” dan “super power”? kita lengkapi kalimatnya agar faham. Apa bedanya great power of china dengan negara super power amerika. Saat ini keduanya sedang berperang.

China ingin menjadi negara super power, dengan great powernya. China men challenge amerika, posisinya saat ini.

China itu besar dalam transaksi perdagangan, memiliki reserve capital yang besar. Tetapi ingat, china negara komunis otoriter, dimana kata kunci yang harus di perhatikan adalah kata PROPAGANDA. Kuat sekali propaganda mereka tersebut. Di usirnya 3 wartawan wallstreet journal karena mengatakan 10 kali lebih besar fakta korban virus corona adalah bentuk otoritarian propaganda mereka.

Sekali lagi, china itu Great power. Beda sama super power? Super power itu TERINTEGRASI. Bukan hanya dagangnya yang besar tetapi hagemoni itu pengaruh. Militernya dengan 800 pangkalan di seluruh dunia, bayangkan, negara di dunia itu 192, pangkalan milietr amerika ada 800 di seluruh dunia.

Lalu ekonomi, lalu moneter karena dolar menguasai 60% transaksi perdagangan dunia, 30% euro, lalu yen, yuan china hanya 1.7% saja.

Sistem ekonomi yang di namakan “global supply chain” di kuasi negara super power.

Misalnya saat ini dunia otomotif di indonesia. Part mobil tersebut ada yang dari costarica, rumania, thailand, dan belasan negara lainnya. Dengan di buat shut downnya negara china sudah 1 bulan dan kira kira sampai 3 bulan ke depan masih belum tahu apa yang terjadi.

Maka barang dari thailand yang akan di pakai oleh kendaraan di indonesia ternyata 20% ada barang chinanya. Ini menjadi tidak tersedia dan thailand gagal kirim ke indonesia statusnya force majore. 1 bulan kedepan jangan jangan astra tidak keluarkan mobil lagi karena part dari costarica, dari vietnam, dari thailand ternyata ngak bisa kirim.

Karena pertumbuhan di china supply demand sedang “serang” maka strategi supaya china tetap bisa survive bagaimana?

China punya reserve currency dolar yang banyak. Karena itu dia akan pakai proxy. Misalnya china ke indonesia, invest FDI, foreign direct investment dan ingat FDI asing itu di otak mereka adalah bagaimana mendapatkan dolar. Produknya kalau bisa ya untuk ekpor, keluar dari negara tersebut untuk ekpor untuk dapat dolar.

Apa yang amerika lakukan agar investasi direct tadi tidak menghasilkan dolar? Gampang..

Negara yang menjadi “konco” temannya china di coret statusnya dari negara berkembang menjadi negera maju.

Kalau negera berkembang ekpor ke amerika pajaknya murah, katakan 5% pajak masuk ke ameirkanya. Kalau negara maju, ya pajaknya 20%.

Dengan strategi ini, china jadi ngak akan mau untuk meletakan uang invest di indonesia dan di 24 negara teman china yang lagi di kepung sama amerika. Karena apa? Karena invetasinya yang tadinya buat proxy jadi ngak ada gunanya.

Kita indonesia yang jadi serba salah. Sok genit dengan china ternyata ngak dapat banyak manfaat sudah 5 tahun di peres peres susunya seperti sapi tapi ngak di kawin kawin. Dengan amerika sok genit genitan sekarang amerika lihat indonesia ngak seksi lagi.

Ke geeran indonesia nya merasa seksi, punya sumber alam bagus. Tetapi yang gak bagus khan “genitnya”. Amerika sudah pacaran sekarang sama malaysia, thailand, vietnam dan India. Tuh buktinya Trump nginep lama di india sekarang. Indonesia di lewatin aja.

Jadi apa solusinya kedepan wahai pajabat negara? Ekonomi kita itu bisa tekor terus dan membawa kemiskinan, kata umar bin khatab, kemiskinan itu dekat dengan kekufuran. Ayo mana solusinya? Pokoknya jangan si bossman yang sontoloyo ini di tanya. Takut di kira ngeledek. Saya mah pedagang kecil pak, pengen sehat, damai di NKRInya. Itu aja kok

Komentar

Postingan Populer