Kapan Kita Berdaulat?


Kita semua sepakat kalau ada pejabat mengatakan kita krisis karena masalah perang dagang amerika china, artinya lainnya adalah kita bukan negara berdaulat karena sudah tahu terjadi perang dagang sejak tahun 2017 tetapi kita ngak punya rencana untuk kontigencynya atau meng counternya.

Itu kita sepakat ya? lalu kita semua tahu bahwa dolar di setiap awal pemerintahan SBY 2009 dolar dolar 11,500 an sempat menguat ke 8500 di tahun 2010-12 lalu melemah lagi hingga 12.400 di 2014.

Lalu jaman kabinet kerja 12.400 melemah ke 14.200 saat ini. Dan di 2019 ini di mulai dengan angka 14.200 , yang jadi pertanyaan apakah di tahun 2024 pada saat serah terima pemerintahan baru dolar ke harga?

12.000 atau 16.000?

Lalu hutang di tahun 2014 ke 2019 kita smeua tahun naiknya berapa, lalu di tahun 2024 kira kira hutang lunas atau nambah besar lagi.

Selama 10 tahun di bawah SBY hutang indonesia naik 1.300 Triliun rupiah dan di jaman kabinet kerja hanya 4 tahun hutang indonesia bertambah 1.800 triliun rupiah.
Kita ulangi pertanyaannya, di tahun 2024 hutang indonesia mengecil atau bertambah besar?

Kita rincikan lagi masalah yang harus di hadapi :

1. Bisnis di Indonesia sektor retail drop hingga 15 % terutama sektor fashion  lalu penjualan mobil dan motor bekas, property di kelas menengah atas, Penjualan Astra tahun ini turun 14% dibanding tahun lalu.

2. china mengalami kontraksi perdagangan hinga 30% sales mereka ke amerika drop. Indonesia menjadi “korban” dumping barang china. Sementara sisi ekport komoditi tidak banyak terserap china dari indonesia.

3. strategi Trump berhasil, ekonomi amerika naik. Pengangguran terendah dalam 10 tahun ini. Di tambah lagi amerika berhasil menekan huawei, sehingga 5G tidak berhasil di pegang china mayoritasnya,  80%di bagi 4 negara utama, china, amerika, jepang, korea, sisanya supply chainya di bagi ke beberapa negara eropa. Tadinya china melalui huawei 90% bakal menguasai 5G.

4. infrastruktus statis seperti jalan tol, pelabihan, bandara tidak memacu pertumbuhan ekonomi.  Buktinya?  BUMN Indonesia yang bergerak di bidang infrastructure saat ini  mengalami kesulitan keuangan dengan hutang sangat besar karena jalan jalan tol yang dibangun BUMN banyak yang  sepi sehingga operasional sangat rugi. Ramenya lebaran saja

Lalu bagaimana solusinya? Bagaimana supaya tidak terkena resesi?

Saya memilih menengok sebentar ke tahun 1861 dimana penduduk amerika masih 31 juta jumlahnya. Lalu dalam kurun waktu 30 tahun naik menjadi 62 juta dan di tahun 1910 mencapai 92 juta.

Apakah karena angka kelahiran? Bukan...

Karena terjadi migrasi besar besaran dari eropa. Dari tahun 1860 ke 1890 imigran jerman ada 4 juta, imigran scotland, 3 juta, imigran italia ada 3 juta, dan berbagai negara eropa lainnya teruatama eropa barat, baru di tahun 1900 an dari eropa timur mulai masuk, puncaknya sebelum perang dunia kedua.

Mengapa mereka pindah?

Saya singkat info sejarahnya, karena di eropa para raja, landlord, plutokrasi melarang kaum di luar bangsawan untuk kaya, sejahtera.

Maka yang pindah kebanyakan adalah para inventor. Di amerika, semua orang boleh menciptakan apapun tidak ada larangan, dulu duluan meng klaim hak paten.

Anything possible in amerika. The home of the brave and the land of a free. Kata kata ini membuat penemuan penemuan terbaru ada di amerika di era tersebut. Dari tahun 1861 – 1961. Dalam 100 tahun ada ribuan penemuan di amerika.

Dan kita tahu, di indonesia ini menemukan sesuatu, memulia sesuatu yang baru, merubah mendistrup untuk menjadi sesuatu lebih baik, lebih murah, lebih cepat, lebih efisien, sulittt nya setengah mati. Hampir di katakan tidak mungkin.

Aturannya ketat, aturanya kaku, tidak bisa melakukan inovasi di indonesia ini., kebanyakan politikusnya, kebanyakan kepentingannya.

China duli tahun 1980, adalah negara imitating. Copy ambil, tiru pol, memalsukan semuanya. Sampai matauang mereka palsukan dengan remimbi dan yuan. Lalu tahun 2008 ke sini baru menjadi negara inovation. Apa saja boleh di china, bikin aja.

Mereka meniru amerika tahun 1860-1960.

Jujur, bagi saya duduk dengan petinggi politbiro bulan lalu di beijing selama 3 jam, dan dia teman saya lama 5 tahun terakhir ini saya sudah bertemu dengan nya lebih dari 10 kali. Ini merupakan pelajaran sejarah dan membuka wacana. Dialah yang menceritakan apa yang china tiru dari amerika. Inovating country nya.

Bener deh, 2 negara china amerika itu memang saling picingkan mata, tetapi yang bagus sebaiknya kita tiru. Jangan kebanyakan lobi politik deh. Yuk bonglar semua aturan. Izinkan anak milenial mendistrup everything menjadi lebih baik, menjadi baru dan menjadi indonesia.

Komentar

Postingan Populer