Mahasiswa Bergerak


Aksi-aksi mahasiswa lambat laun semakin surut karena kekurangan dukungan dari rakyat, Inilah yang menyebabkan reformasi belum sepenuhnya berhasil karena unsure-unsur Orde Baru masih bertahan pasca kejatuhan Soeharto dari bangku kepresidenan.

Mereka yang menentang Habibie menilai bahwa Habibie merupakan bagian dari rezim Orde Baru, dan lebih dari itu, ia termasuk orang dekat Soeharto. Maka, reformasi tidak akan berjalan mulus jika kekuasaan masih dipegang oleh unsur-unsur Orde Baru. Kelompok mahasiswa ini mengatakan bahwa kepemimpinan Habibie hanya akan memberi waktu dan kesempatan bagi status quo untuk berkonsolidasi dan membelokkan arah reformasi. Oleh sebab itu, mahasiswa mengusulkan agar dibentuk Pemerintahan Presidium atau KRI (Komite Rakyat Indonesia) yang bersifat kolektif dan berfungsi sebagai pemerintahan transisi dengan tugas mempersiapkan pemilu.

Agenda gerakan Forum Kota tak mendapat dukungan penuh dari mahasiswa di kelompok Iain. Perbedaan pendapat itulah yang menyebabkan agenda dan tuntutan-tuntutan reformasi mahasiswa tak terpenuhi. Selain melemahkan gerakan mahasiswa, perpecahan itu juga membuat reformasi 1998 dibajak oleh elite-elite politik yang memanfaatkan masa transisi untuk berebut kekuasaan. Jika pada tahun 1978 gerakan mahasiswa mengaiami kemunduran akibat pemberlakuan NKK/BKK, maka pasca kejatuhan Soeharto, gerakan mahasiswa mengalami kemunduran karena mengalami perpecahan internal. 

Sementara itu, dukungan figur-figur "oposisi tua" yang dulu menentang Soeharto makin melemah, karena mereka mulai sibuk dengan partai politik untuk mengikuti kontestasi pemilu. Gerakan mahasiswa pun mengalami kemunduran akibat mengalami perpecahan di tubuh gerakan mereka sendiri. Aksi-aksi mahasiswa lambat laun semakin surut karena kekurangan dukungan dari rakyat. Inilah yang menyebabkan reformasi belum sepenuhnya berhasil karena unsur-unsur Orde Baru masih bertahan pasca kejatuhan Soeharto dari bangku kepresidenan.

Andika Ramadhan F (Mahasiswa Bergerak -h.188)

Komentar

Postingan Populer