The Positive Approach

Kesuksesan seseorang bukan dilihat dari apakah dia memiliki masalah atau tidak, melainkan apakah dia memiliki masalah yang sama dengan tahun kemarin atau tidak! Dengan kata lain, pemahaman atas masalah. Apakah dia menyelesaikan masalah itu? Atau apakah dia hanya merasa khawatir, resah, dan tidak melakukan apa-apa?
Setiap orang mempunyai masalah. Setiap kali memiliki tujuan, pasti selalu ada hambatan untuk meraihnya—sebab kalau tidak, semua itu akan terasa terlalu mudah dan tidak menyenangkan. Tujuan yang terhambat merupakan masalah. Mengatasi hambatan dan meraih tujuan merupakan permainan hidup. Ini disebut juga dengan pemecahan masalah.
ㅤㅤ
Ketika dikuasai masalah, Anda tidak menyadari bahwa Andalah yang menciptakannya. Anda tidak tahu bahwa hanya Anda yang bisa melakukan sesuatu mengenai masalah itu, itu pun jika Anda mau mengatasinya. Anda menanti sesuatu terjadi, mengharapkan orang lain untuk mengatasinya, atau berharap masalah itu lenyap dengan sendirinya. Anda tidak bisa berpikir dengan jelas, tidak menghadapi kenyataan dan melihat kebenaran agar mampu menyelesaikan masalah. Ini tidak menyenangkan. Ini disebut dengan tidak bertanggung jawab dan mau dikuasai.
ㅤㅤ
Saat menghadapi masalah, ketahuilah bahwa Anda yang memantik masalah itu karena Anda menginginkan sesuatu, yakni tujuan; selalu ada penghalang untuk meraihnya. Dengan demikian, Anda memiliki tujuan yang terhalang oleh hambatan dengan kata lain, sebuah masalah! Anda tahu bahwa Anda harus melakukan sesuatu—mengatasi hambatan dan bergerak menuju tujuan. Anda yang harus melakukan itu (tak ada orang lain yang sanggup), dan Anda sedang meluakukannya! Anda sedang menyelesaikan masalah, dan itu ternyata menyenangkan! Inilah yang disebut dengan sikap bertanggung jawab dan berkuasa.






By. Peter Shepherd

Komentar

Postingan Populer